Sunday, December 12, 2021

Pelatihan Kewirausahaan bagi Karang Taruna di Tiga Kelurahan Dekot JakBar: Dana Hibah Harus Tepat Sasaran

 Jakarta, GembiNews | Gabungan Karang Taruna dari tiga Kelurahan melaksanakan kegiatan pelatihan Kewirausahaan guna menyerap sekaligus realiasikan program dana hibah dinas sosial (Dinsos) tahun 2021.

Kelurahan Sukabumi Utara Kelurahan Selatan dan Kelurahan Kelapa Dua, menyepakati praktek bertajuk kuliner 'Dapur pojok Aqiqah dan pembuatan Bir Pletok'.


Pelatihan yang bertempat di salah satu rumah Ketua Katar Kelurahan Sukabumi Utara di Jalan Idris, Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Minggu (12/12/2021).

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Karang Taruna.

Dalam kegiatannya, turut hadir mendampingi, Lurah Sukabumi Utara, Trinanda Puspitosari S.STP., Dewan Kota Jakarta Barat perwakilan Kebon Jeruk, H Rasyid Ridho S.Ag, Ketua Karang Taruna Jakarta Barat, Arif Rahman. Ketua Karang Taruna Kecamatan Kebon Jeruk, Eko Setyadi.

Menghadirkan mentor yakni pengusaha 'Bir Pletok' dari kegiatan itu para peserta pelatihan menyimak, mempehatikan, dan mencatat semua keperluan mulai bahan dasar.

Ketua Karang Taruna tingkat Jakarta Barat, Arif Rahman mengatakan dalam sambutannya mengajak keaktifan dan mengambil peranan.

"Di hari ulang tahun Karang Taruna yang ke 61 tahun. Karang taruna unit RW sudah ada payung hukum itulah komitmen yang berikan pak Gubernur DKI Jakarta, sekaligus pemberian dana stimulan, dalam pengelolaannya harus amanah," kata Arif Rahman.


Kendati demikian, Arif menambahkan tehnik dan juklak dikhususkan unit tingkat RW yang sudah ber SK.

"Tehnik pencairan dana stimulan wajib Katar tingkat RW yang ada legalitasnya. Terkait pengawasan dana stimulan akan diawasi secara bersama-sama. Untuk kegiatan pelatihan ini sangat apresiasi," tambahnya.

Anggota Dewan Kota Jakarta Barat perwakilan kerja Kecamatan Kebon Jeruk, H Rasyid Ridho. S.Ag mengungkapkan dalam kesempatan sambutan," Berharap temen-temen Karang Taruna bisa serius mengikuti pelatihan kewirausahaan bukan hanya kegiatan tapi menjadi barometer keberhasilan menjadi pemuda-pemudi yang berdaya guna dan berhasil menularkan jiwa usaha di tengah masyarakat," ucap H Rasyid Ridho kepada GembiNew.com dilokasi.

 
Rasyid Ridho juga meminta, selain diajarkan cara berwirausaha peluang pemasaran harus di carikan solusi."Kepada Katar tingkat Kota Jakarta Barat, tolong dibantu juga pemasaran produk yang telah dibuat oleh temen-temen Katar tingkat Kelurahan seperti mengandeng dengan. UMKM, Jakpreneur untuk saling menguatkan," pintanya.

Ditempat yang sama, Lurah Sukabumi Utara, Trinanda Puspitosari S.STP., mengatakan disela sambutan sekaligus membuka kegiatan," Apresiasi kegiatan ini, selain berkegiatan Katar juga bergerak merangkul jangan ada batasan atau ruang pemisah. Terkait pelaksanaan dana hibah yang mengkhususkan pelatihan berwirausahaan harus serius dan dikelola secara amanah,"  ucapnya.Selain itu, Trinanda menambahkan adapun pelatihan pembuatan Bir Pletok ini dibuat semenarik mungkin.


"Ada rasa orginal, ada yang rasa kombinasi untuk mengamankan pangsa pasar, selain itu kwalitas dan mutu menjadi andalan," tandasnya.

Kegiatan ditutup dengan doa, berphoto bersama mengaungkan yel-yel Karang Taruna.[APJ]


 

Share:

Waktu Saat Ini (WIB)

SUBSCRIBE GEMBI NEWS YOUTUBE CHANNEL

KLIK LANGGANAN - SUBSCRIBE

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner