Thursday, January 13, 2022

Peringati Haul ke 12 Gusdur dan 1 tahun haul KH Noer Muhammad Iskandar SQ, Sekaligus di Resmikan Rumah Toleransi.


Jakarta, GembiNews.com | GP Ansor gelar peringatan haul ke-12 KH Abdulrahman Wahid atau Gusdur, serta haul KH Noer Muhammad Iskandar SQ ke-1 tahun. Yang bertempat di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Rabu (12/1).

Selain haul, peresmian rumah Toleransi lintas agama, peresmian Sekretariat Ansor Jakarta Barat.

Ketua panitia, Bima Ramdhan mengatakan dalam mengawali sambutan, "Terima kasih atas waktu luang nya bapak-ibu, para aparatur pemerintah Jakarta Barat, Ibu Hj. Iin Mut'maina (Plt) Wakil Walikota, Jakbar, FKUB, Kesbangpol, dan para perwakilan Kemenag Jakbar, para perwakilan lintas agama, para pengurus PW Ansor DKI Jakarta, Ketua PC Ansor Jakbar. Momentum haul dua tokoh bangsa ini, tidak lepas dari perjuangan dalam meramu dan merumuskan toleransi, untuk itu saya Ketua panitia haul mengucapkan terima kasih banyak kepada kita semua atas terselengara acara khidmat ini, "ungkap Bima.

Wakil Walikota (Plt) Hj. Iin Mutma'inah, mengatakan perwakilan lintas agama merupakan forum yang sangat baik rumah toleransi.

"Mari bapak-ibu semua kita bersyukur akan adanya rumah toleransi sebagai bingkai kebhinekaan yang harmoni. Terima kasih untuk PBNU dan PC Pemuda Ansor Jakarta Barat, perwakilan komite lintas agama. Gusdur Memberikan kenangan baik, menjaga harmonisasi, tidak bermusuhan. Inilah bangsa Indonesia besar dengan bingkai ke Bhinekaan. Satu niat yang sangat mulia, perwujudan yang ditinggalkan Gusdur untuk kita semua" ucapnya.

Iin melanjutkan, Karena yang kita lakukan ini adalah bagian dari sejarah, tujuannya bagai mana kita sejahterah, kita butuh kerjasama. Ini harus kita teruskan menjadi kekuatan bersama sebagai penduduk Indonesia.

"Momentum haul Gusdur, mari kita menjadi figur kita hadir sebagai Khalifah, membawa kebaikan bagi orang lain. Dan ini menjadi penting kebaikan seumpama pohon kebaikan yang akan berbuah kebaikan. Bahwa Jakarta Barat, kompleksitas perbedaan agama, ras dan suku dengan rumah toleransi menjadi barometer contoh yang baik," terangnya.

"Harapannya semua Kecamatan harus punya rumah kerukunan. Ansor telah memulai nya hari ini," sambungnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Plt Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Hj. Iin Mutma'inah, Ketua PW Ansor DKI Jakarta, H Syaiful Rahmat Dasuki, Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo, Kodim 05/03, Kol. Dadang Ismail Marzuki, Perwakilan Kemenag Jakarta Barat, Pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, KH Mahruz Iskandar, Ketua Tanfiz PCNU Jakarta Barat, KH Agus Salim, Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat, Muhammad Muhadzab.

Ketua elaksana, Bima Ramadhan

"Terima kasih atas waktu dan kehadiran bapak-ibu semua, dalam kegiatan haul guru bangsa (Gusdur-red) ke 12 dan KH Noer Muhammad Iskandar SQ ke 1, 

Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat, M.Muhadzab, M.Si.,Mengatakan haul Gusdur dan haul KH Noer Muhammad Iskandar sekaligus mempublikasikan rumah toleransi.

"Kita menyambut steatmennya pak Menteri agama bahwa tahun 2022 ini adalah tahun toleransi, bersama komite lintas agama dan Ansor. Kita ketahui  bersama Gusdur merupakan bapak bangsa yang memperjuangkan toleransi antar umat beragama, disisi lain KH Noer Iskandar SQ mengajarkan kepada kita semua untuk mengikuti dan menjunjung tinggi, melestarikan budaya toleransi. Memaknai haul ini kita publikasikan sosok kedua tokoh bangsa ini bagaimana perjuangan terhadap toleransi begitu kuat, sehingga pada hari ini kita resmikan rumah toleransi dan Sekretariat Ansor di wilayah Jakarta Barat" ujarnya.

Dilokasi yang sama, penandatangan prasasti oleh lintas agama, pemberian buku sekaligus simbolis gunting pita sebagai dibuka nya rumah 'Rumah Toleransi dan Peresmian Sekretariat Ansor Jakarta Barat.

Disisi lain, Putri KH Abdurahman Wahid (Gusdur) Alissa Wahid menyampaikan dalam rekaman video, "Saya mewakili keluarga mengucapkan selamat atas terlaksana nya haul Gusdur ke 12, dan haul KH Noer Muhamad Iskandar SQ serta peresmian rumah toleransi bersama komite lintas agama, untuk sama-sama merawat kebinekaan dalam keragaman," tandasnya. [Red].




Share:

Waktu Saat Ini (WIB)

SUBSCRIBE GEMBI NEWS YOUTUBE CHANNEL

KLIK LANGGANAN - SUBSCRIBE

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner