Dewan Kota Jakarta Barat

Terus Melaju Untuk Indonesia Maju

78 Tahun Indonesia Merdeka

Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Merdeka...!

Dirgahayu Republik Indonesia ke - 78

Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia Yang ke-78

GEMBI NEWS Portal dan Youtube Channel

Gembi News dan Dewan Kota Jak-Bar Mengucapkan

Dirgahayu Kemerdekaan Republik indonesia yang ke-78

Monday, February 28, 2022

Peringati Isra Mi'raj, Musholah Al Musyawarah Kebon Jeruk, Hadirkan Qori Internasional



Jakarta, GembiNews. com | Peringatan Isra Mi'raj Musholah Al Musyawaroh, Jalan H. Pe'eng, Rt. 1/3, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (27/2) ba'da Isya.

Isra Mi'raj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah beliau mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Diketahui, susunan acara peringatan Isra Mi'raj Musholah Al Musyawarah meliputi, Sholat Magrib berjamaah, dilanjutkan tahlil dan do'a dipimpin Ustad H. Abdul. Bar, selanjutnya pembacaan A Diba'i oleh, Drs. H. Ismail Idris, Irfan Haikal. MC atau pembawa acara, Ustad Hamdan, SH.,

Ketua Dewan Ketua Musholah (DKM) Al Musyawarah, H.Syaifulloh, Lc, MA., dalam kesempatan sambutan mengatakan, terimakasih kepada para tamu undangan, para donatur kegiatan, para panitia.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada para jemaah yang telah hadir, para donatur, para panitia yang berjuang keras mensupport acara mulia ini. Semoga Allah SWT membalas dengan ganjaran pahala kebaikan," ucap H. Syaifulloh Lc, MA.
 

Lantunan kalam illahi yang bacakan Qori Internasional dan Iman Besar Masjid Al-Azhar Kairo Mesir yakni, Syeikh Muhammad Salim Amir.

Ustad Ahsanul Bisri, dalam ceramah nya menjelaskan tentang Isra Mi'raj. Rangkaian do'a pertama oleh, Ustad Nazhori Idris, pembacaan do'a penutup disampaikan oleh, Syeikh Hasan Toha Abdus Salam, para jemaah turut mengaminkan.

Dilokasi yang sama, H. Rasyid Ridho, S.Ag., mengatakan kegiatan ini luar biasa sukses, lancar tanpa hambatan.

"Alhamdulillah, peringatan Isra Mi'raj di Musholah Al Musyawarah sangat istimewa, hadir nya para tuan guru, para ustad memberikan pembelajaran yang sangat bermanfaat, ditambah kehadiran Qori Internasional yang sekaligus Imam Besar Masjid Al-Azhar Kairo Mesir yaitu, Syeikh Muhammad Salim Amir ini menambah antusiasme jemaah bahkan menjadi sejarah bahkan kebanggaan untuk kita semua," ungkap Anggota Dewan Kota Jakarta Barat perwakilan Kecamatan Kebon Jeruk ini, kepada wartawan.

Salah sesorang panitia acara Isra Mi'raj yang sekaligus Ketua Karang Taruna Unit Rw. 03, mengungkapkan, "Alhamdulillah rangkaian acara berjalan sesuai susunan, semua ini berkat kerja keras panitia dan uluran donatur. Terima kepada para tuan guru, para ustad, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Alhamdulillah hadir juga anggota Dewan Kota Jakarta Barat. Semoga peringatan Isra Mi'raj ini menjadikan kami sebagai unsur pemuda dapat memahami dan memaknai arti Isra Mi'raj," Tandas Hari Masuri. [Tim]

Share:

Friday, February 25, 2022

Sebanyak 7 Warga Meninggal Dunia akibat Gempa M6,1 di Sumatra Barat


 

GembiNews.com | Pusdalops BNPB terus memutakhirkan data terkini dampak gempa magnitudo (M)6,1 yang berdampak pada beberapa wilayah di Provinsi Sumatra Barat pagi tadi (25/2), pukul 08.39 WIB. Data sementara mencatat total jumlah korban meninggal mencapai 7 orang.

 Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan pada pukul 16.30 WIB jumlah korban meninggal teridentifikasi 3 orang di Kabupaten Pasaman Barat dan 4 di Kabupaten Kabupaten Pasaman. Sedangkan total korban luka-luka mencapai 85 orang, dengan rincian luka berat 10 orang dan luka ringan 50 orang di Pasaman Barat, serta 25 orang di Pasaman.

BPBD Kabupaten Pasaman belum merinci kategori korban luka-luka yang dilaporkan ke Pusdalops BNPB. Gempa juga berdampak pada pengungsian warga. Hingga kini sebanyak 5.000 warga mengungsi di 35 titik. BPBD melaporkan sebaran titik pengungsian di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kinali. Petugas di lapangan masih mendata warga yang mengungsi.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, para personel organisasi maupun relawan dan warga masih memfokuskan pada pencarian, penyelamatan dan evakuasi serta pelayanan kepada warga terdampak. 


Pascagempa M6,1, Pusdalops BNPB menerima laporan kejadian dua gempa susulan yang cukup signifikan dengan M5,0 pada pukul 11.02 WIB dan gempa M5,1 pukul 11.06 WIB.

Merespons gempa tersebut, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto telah memerintahkan tim reaksi cepat (TRC) BNPB untuk melakukan kaji cepat situasi dan kebutuhan, serta memberikan pendampingan penanganan darurat di Sumatra Barat. Suharyanto dan jajarannya juga akan bertolak pada esok hari untuk meninjau lokasi terdampak dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memastikan penanganan darurat berjalan efektif. [Red]



Share:

Thursday, February 24, 2022

Terkait Serbuan Vaksinasi Koramil 01/TS Kodim 0503/JB, Ini Kata Warga


Jakarta, GembiNews.com | Kodim 0503/JB Koramil 01/TS - Serbuan vaksinasi di halaman stadion sepak bola Tamansari Jalan Mangga Besar VI Utara, Rt. 008/01, Tamansari, Jakarta Bara. Dengan vaksin dosis anak 6-11 tahun dan Booster (dosis 3) untuk remaja, dewasa, dan lansia berjalan lancar dengan tervaksin 137 orang. Rabu (23/2).

Giat serbuan vaksinasi Kodim 0503/JB yang dilaksanakan koramil Tamansari dengan berkolaborasi Puskesmas Tamansari melayani masyarakat dengan jenis vaksin Moderna, Pfizer dan Sinovac.

Pelaksanaan serbuan vaksinasi di monitoring Babinsa Kel. Tamansari, Serka Agus Priyono dan penanggung jawab Danramil 01/TS Mayor Inf Zulkarnaen Galib.

Menurut salah satu warga masyarakat yang ber KTP di luar DKI (Cirebon) menyampaikan, saya terlambat vaksin dosis 2 Moderna di karenakan nyari tempat vaksin yang menggunakan Moderna sangat susah.

"Alhamdulillah, di tempat ini saya dapat vaksin dosis 2 moderna   atas info teman bahwa di Koramil Tamansari ada moderna. Dan saya langsung ke sini."kata Erna pada awak media.

Warga Tamansari pun munuturkan kepada awak media bahwa kami sangat berterima kasih karena serbuan vaksinasi TNI ini terus ada, tidak seperti tempat-tempat vaksin lainnya ada yang buka 2 atau 3 hari, lalu sudah tidak buka lagi jadi warga kelinpungan nyari sana-sini tempat vaksin. 


"Keluarga-keluarga kami yang tinggal di depok dan bogor kami suruh ke mari untuk vaksin di serbuan vaksin TNI."ucap Bu Inem.

Ungkap Babinsa, sesuai atensi Danramil Mayor Galib, demi mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19, maka dari mana pun masyarakat yang datang untuk vaksin baik KTP dari luar Jakarta harus tetap di vaksin. Kasihan masyarakat jauh-jauh datang lantas di tolak.

"Kita layani masyarakat vaksin dengan bukti KTP asli dan melampirkan foto copy KTP di formulir dan menunjukkan hasil vaksin pertamanya jika mau vaksin ke 2, dan untuk vaksin Booster juga demikian."kata Serka Agus P.

Agus menambahkan, 137 orang yang tervaksin terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia booster dengan tenaga kesehatan 6 personil dari puskesmas tamansari. [Red]



(Sumber Koramil 01/TS)


Share:

Tuesday, February 22, 2022

Kebakaran di Ponpes Miftahul Khoirot, Korban Meninggal Bertambah Jadi 8 Orang

Kebakaran di Ponpes Miftahul Khoirot, Korban Meninggal Bertambah Jadi 8 Orang

KARAWANG – Korban kebakaran Pondok Pesantren Miftahul Khoirot Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon menjadi 8 orang meninggal dunia.

Hal tersebut diungkapkan, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono.

"Sebelumnya kita turut berduka cita, untuk korban 8 orang meninggal dunia. Ada 2 orang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang,” kata Aldi kepada wartawan, pada Senin (21/2/2022).

Aldi mengatakan, dugaan awal masih di dalami, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Langkah-langkah saat awal kejadian Muspika Cilamaya berkoordinasi pihak Damkar BPBD dan stakeholder terkait membantu dan menolong kejadian dilapangan.

“Korban selamat melihat percikan api dari kipas angin, ini informasi awal percikannya menjatuhi kasur dan terjasi kebakaran mengakibatkan kebakaran ini. Di lantai 2 yang bangunannya masih kayu, posisi korban 8 orang di lantai 2 satu kamar,” ungkap Aldi.


Menurut Aldi, hasil informasi awal kami terima para korban sedang melaksanakan istirahat siang. Pastinya 8 jenazah dan korban luka dibawa ke RSUD Karawang oleh tim indentifikasi inafis.

Berita sebelumnya, Pondok Pesantren Miftahul Khoirot Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, di hempas musibah kebakaran Senin (21/02), pada pukul 14.15 wib. Diduga enam orang santri tewas dan lima lainnya luka-luka.

“Iya benar korban jiwa dari santri sebanyak enam orang tewas dan lima luka-luka. Api diduga akibat koraletinh listrik,” kata Camat Cilamaya Kulon, Rully Sutrisna.

Berdasarkan informasi, ada sejumlah santri yang mengalami korban luka di lokasi kejadian, sementara pemadaman api terus dilakukan sejumlah warga, aparat hingga tim Damkar dari Wilayah Cilamaya Wetan dan Damkar Pertamina EP Pasirukem.

“Api membesar terus, belum jelas penyebabnya apa. Pihaknya meminta bantuan ke sejumlah pihak, karena ada santri yang jadi korban juga di lokasi kejadian,” ujar Anggota Pol PP Cilamaya Kulon, Heri Setiawan.

Sementara itu, Kades Manggungjaya, Dedi Embun mengatakan, dugaan sementara api berrasal dari arus pendek listrik hingga membakar bangunan dua lantai dengan material kayu-kayu lawas tersebut. Proses pemadaman api terus di lakukan warga bersama Damkar dari Pertamina EP dan BPBD.

“Iya, ada santri yang jadi korban. Apakah sebatas luka berat atau ringan, masih dalam proses evakuasi,” jelasnya. (rie)

Berikut Nama-nama Korban Meninggal yang berhasil dievakuasi:

1. Riyan Aditya (7 th) asal Kabupaten Subang
2. Azka Fairul Gupron (11 th) asal Kabupaten Subang
3. Alif Satria (12 Th) asal Cikampek
4. Mureo (12 Th) asal Cilamaya Kulon
5. Muzaki (13 th) asal Rawagemol
6. M. Fatir (13 th) asal Kecamatan Wadas
7. M. Akmal Maulana (12 th) asal Gandok
8. Masih dalam proses identifikasi

Korban selamat:

1. M. Aang
2. Keanu
3. Rohis


Share:

Wednesday, February 16, 2022

Ketua FKDM JakBar, Serahkan 'Aplikasi Si Kumbang' Teken MoU dengan Bakesbangpol DKI


Jakarta, GembiNews.com | Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jakarta Barat, H. Iswadi Selamet, SE,. Menandatangani MoU. Penandatanganan itu sekaligus penyerahan pengunaan aplikasi Pelaporan harian FKDM teranyar yakni 'Aplikasi Si Kumbang' kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta, pada Selasa, (15/2).

Iswadi, dalam kesempatan sambutannya mengatakan, "Yang saya hormati Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang kewaspadaan bapak Tri Agung yang saya hormati ketua FKDM Provinsi DKI Jakarta Bang Munir para kasuban 5 kota dan 1 Kabupaten Kepulauan Seribu FKDM kota se DKI Jakarta aplikasi ini berawal dari obrolan sederhana di Jakarta Barat. Obrolan Sederhana itu akhirnya dituangkan untuk menggunakan aplikasi," ucapnya.

Iswadi melanjutkan, "Jadi obrolan sederhana kita tuangkan dalam aplikasi tadinya aplikasi ini hanya untuk Jakarta Barat tapi begitu kita daftarkan aplikasi ini ke Google Ternyata kita dapat yang sangat besar lebih besar berawal dari situ perbincangan saya dengan pak KABAN dari pada ini cuma Jakarta Barat. Bagaimana kalau digunakan Mitra strategis binaan Bakesbangpol karena daya tampungnya Google cukup besar. berawal dari situlah maka saya mendorong Pak Kaban dan gayung bersambut maka aplikasi ini kita gunakan awalnya aplikasi ini tidak ada namanya nama Si Kumbang itu murni dari kesbang jadi awalnya kita cuma membuat aplikasi pelaporan nama dan logo dari aplikasi ini murni dari Kesbangpol jadi kesbang itu yang mengasih logonya logonya itu peta Jakarta jadi aplikasi ini saya persembahkan sebagai anggota FKDM sebagai Bakti dan FKDM kepada kesbang kita pinjamkan selama 3 tahun sampai 2025 nanti Semoga di akhir pinjaman ini kita akan menyerahkan sosnya semua jadi sambil memperbaiki sambil jalan kita kan kita perbaiki pelan-pelan karena. Biar bagaimanapun yang namanya aplikasi baru pasti ada kekurangan kekurangan kita isi pelan-pelan itu sampai nanti terakhir. Insya Allah kalau memang ini sudah sempurna kita akan Serahkan semuanya jadi aplikasi. Kami berikan aplikasi ini kepada Kesbang nanti setelah diserahkan tergantung semuanya kesbang lah yang yang akan menjalankan jadi untuk sementara sampai tiga tahun ini kita akan kelola dengan baik kita akan tutup kekurangan-kekurangan itu karena Biar bagaimanapun yang namanya aplikasi pasti ada kekurangannya ada beberapa kali sempat off beberapa jam terus kita sampai nanti kesempurnaan begitu kita sempurna Insyaallah akan kita Serahkan semuanya kepada kesbang," tukasnya. 


Diakhir sambutan, Iswadi mengucapkan, "Terima kasih banyak pada 5 wilayah yang sudah memakai aplikasi ini juga terima kasih banyak kepada para kasuban di lima wilayah dan 1 Kabupaten Kepulauan Seribu yang telah bekerja sama yang telah membantu secara masif untuk aplikasi ini berjalan dengan baik sekali," ujarnya.

Kabid Kewaspadaan Kesbangpol Provinsi DKi Jakarta, Tri Agung mengatakan, "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh yang saya hormati ketua FKDM Provinsi DKI Jakarta yang saya hormati para kasuban Kesbangpol kota administrasi dan Pulau Seribu yang saya hormati ketua FKDM DKI Jakarta dan Pulau Seribu yang saya hormati wabil khusus ketua FKDM Jakarta Barat Dalam hari ini pemberi atau peminjam aplikasi Si KUMBANG pada pagi hari ini kita sama-sama sudah menyaksikan tadi penandatanganan kerjasama penyerahan atau peminjam pakaian aplikasi Sikumbang dari Pak Iswadi kepada Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta yang dalam hal ini, saya mewakili Pak Kaban ada acara mendadak yang tidak bisa ditinggalkan tanpa mengurangi rasa hormat. Pesan dari Pak KABAN adalah untuk aplikasi kembali ini dapat kita pergunakan sebagai bahan laporan kita FKDM khususnya kepada pimpinan pimpinan tertinggi yaitu untuk membantu tugas Gubernur yang dapat diaplikasikan melalui Sikumbang ini yang dapat langsung diakses kepada seluruh SKPD.  Sikumbang ini ada mimpi dari kesbang yang sudah dirancang lebih oleh Pak Iswadi. Alhamdulillah ada inovasi  yang dapat kita pergunakan sama-sama untuk suatu inovasi yang dapat kita banggakan khususnya kesbang kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai maskot mungkin sebagai pelaporan yang berbasis aplikasi atau inovasi yang dapat menjadi contoh kepada pelaporan pelaporan untuk forum-forum lainnya," ucapnya.

Ketua FKDM Provinsi DKI Jakarta, H. Munir Arsyad mengungkapkan, "
Yang sama-sama kita hormati yang mewakili Pak KABAN Pak Tri Agung, serta seluruh Kasuban yang hadir pada acara yang baik ini dan juga Ketua-Ketua kota FKDM dan administrasi ketua FKDM Jakarta Barat yang sejak awal umumnya sudah bicara mengenai aplikasi tentang pelaporan Alhamdulillah perjuangan yang begitu lumayan lama akhirnya bisa terlaksana pada hari ini mudah-mudahan ini manfaatnya begitu besar tentang aplikasi pelaporan berbasis teknologi informasi," paparnya.

Penandatanganan MoU turut dihadri yakni Ketua FKDM Jaksel Abdul Hafiz, Ketua FKDM Jakpus Yuni Adam,Ketua FKDM Jakut Anugrah Huda, Ketua FKDM Kab Pulau Seribu, Maman Hudaya, Ketua FKDM Jaktim Firdaus, dan
Para Kasuban se-Kota DKI Jakarta [Tim]

Share:

Sunday, February 13, 2022

Tegakkan Protokol Kesehatan, Ketua Satgas Turun ke Jalanan Ibu Kota Bagikan Masker

 

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto turun menyusuri jalanan, pasar dan perkampungan Ibu Kota untuk membagikan masker kepada masyarakat pada Sabtu (12/2) sore.

Aksi tersebut dilakukan guna memberikan dukungan langsung kepada masyarakat agar penerapan protokol kesehatan, khususnya memakai masker dapat ditegakkan, seiring dengan peningkatan angka kasus COVID-19 di DKI Jakarta.

"Ini sebagai tindak lanjut menegakkan protokol kesehatan khususnya 3 M. Tiga M ini yang paling penting adalah memakai masker. Seiring dengan peningkatan kasus COVID-19, ini tentunya perlu disikapi oleh kita semua untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," ungkap Ketua Satgas.

Lokasi pertama yang disambangi mantan Pandam V Brawijaya itu adalah Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Di pusat perbelanjaan yang sudah ada sejak 1820 itu, Ketua Satgas membagikan masker medis 3 lapis kepada para penjual dan pembeli serta masyarakat yang sedang beraktivitas.

Usai membagikan masker di Pasar Baru, Ketua Satgas bersama rombongan kemudian menuju ke ITC Roxy Mas di Cideng, Jakarta Pusat. Di kawasan pusat penjualan gawai elektronik dan telepon genggam itu, Ketua Satgas memberikan masker kepada para tukang ojek, dan pengguna jalan lainnya.

Beberapa pedagang kaki lima berikut para pembelinya juga tak luput dari uluran masker yang diberikan langsung oleh Ketua Satgas. Selain membagikan masker, Ketua Satgas juga mengimbau mereka agar selalu mengenakan masker setiap beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi.

"Ini tolong dipakai ya. Mari kita cegah penularan COVID-19 dengan selalu mengenakan masker," pinta Ketua Satgas kepada masyarakat.

Selepas pembagian masker di kawasan Cideng, Ketua Satgas meluncur ke lokasi berikutnya yakni Pasar Bendungan Hilir. Kehadiran Ketua Satgas berikut rombongan segera mendapat respon yang baik oleh masyarakat. Beberapa masyarakat yang menerima masker itu merasa terbantu dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli masker.

Adapun pembagian masker itu merupakan giat hari kedua yang telah dilakukan BNPB. Total pembagian masker pada Sabtu (12/2), telah dilakukan di 45 kelurahan di DKI Jakarta. Pendistribusian masker ini juga dilakukan atas kerja sama dengan pihak kelurahan yang dibantu TNI dan Polri di setiap wilayah.

BNPB menargetkan pendistribusian 10 juta masker selama kurun waktu 4 bulan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,5 juta masker ditargetkan dapat terdistribusi dalam tiga hari pada 135 titik yang ada di DKI Jakarta. Setiap titik mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 masker yang diperuntukkan untuk warga di perkampungan atau pun ruang publik.

Turut hadir membagikan masker meliputi Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah, Inspektur II BNPB Yulianto, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum BNPB Eny Supartini,  Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dan pejabat serta staf BNPB lainnya.


Abdul Muhari, Ph.D.
Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Share:

Friday, February 11, 2022

BNPB Terjunkan Tim Bagikan 1,5 Juta Masker per-Minggu di 135 Titik Wilayah Ibu Kota


Jakarta, GembiNews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerjunkan tim untuk membagikan 1,5 juta masker di 135 titik di wilayah DKI Jakarta. Pembagian masker itu dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (11/2) sampai Minggu (13/2).

Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan dalam sambutan pada giat apel tim, Jumat (11/2), mengatakan bahwa kegiatan pembagian masker itu merupakan bagian dari tanggung jawab BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 yang secara khusus diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo untuk memperkuat kembali disiplin protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

"Salah satu tujuan Pemerintah RI membentuk Satuan Tugas Penanganan COVID-19 adalah bagaimana kita menangani COVID-19 ini dengan lebih efektif," jelas Lilik.

Melalui kegiatan itu, Lilik meminta kepada seluruh tim yang turun ke lapangan agar benar-benar dapat memberikan aksi nyata dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Lilik juga menegaskan bahwa dengan pembagian masker itu, laju penularan COVID-19 diharapkan dapat dikurangi dan masyarakat terlindungi dari virus SARS-CoV-2.

"Saya minta semua anggota BNPB dan Satgas dibantu dari kawan-kawan yang lain untuk membagikan masker kepada masyarakat di sekitar Jakarta. Kita ingin melindungi mereka, keluarga mereka, dari penularan COVID-19," kata Lilik.

Adapun pembagian masker yang dilaksanakan pada hari Jumat (11/2) meliputi Galur, Johar Baru, Kampung Rawa, Tanah Tinggi, Cikini, Gondangdia, Kebon Sirih, Menteng, Cengkareng Barat, Paseban, Senen, Kebon Kacang, Kebon Melati, Petamburan, Cempaka Baru, Cipedak, Jagakarsa, Lenteng Agung dan Srengseng Sawah.

Kemudian Rawa Barat, Selong, Senayan, Cipulir, Grogol Selatan, Grogol Utara, Kebayoran Lama Selatan, Cilandak Timur, Jati Padang, Kebagusan, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Karet, Setiabudi, Bukit Duri, Kebon Baru, Pasar Manggis, Grogol, Jelambar Baru, Jelambar, Krukut, Mangga Besar, Maphar, Jembatan Besi, Jembatan Lima dan Kali Anyar.


Selanjutnya pada hari Sabtu (12/2), tim akan menyasar lokasi meliputi Pegangsaan, Gunung Sahari Utara, Karang Anyar, Kartini, Mangga Dua Selatan, Pasar Baru, Cideng, Duri Pulo, Cengkareng Timur, Bendungan Hilir, Gelora, Gunung Sahari Selatan, Harapan Mulya, Kebon Kosong, Kemayoran, Tanjung Barat, Cipete Utara, Gandaria Utara, Gunung, Kebayoran Lama Utara, Pondok Pinang, Bangka, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Pela Mampang dan Tegal Parang.

Berikutnya Pejaten Timur, Ragunan, Bintaro, Pesanggrahan, Petukangan Selatan, Kuningan Timur, Manggarai, Menteng Dalam, Tebet Barat, Manggarai Selatan, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Tomang, Pinangsia, Taman Sari, Tangki, Krendang, Pekojan dan Roa Malaka.

Pembagian masker pada hari Minggu (13/2) meliputi wilayah Gambir, Kebon Kelapa, Petojo Selatan, Petojo Utara, Bungur, Kenari, Kramat, Kwitang, Duri Kosambi, Kampung Bali, Karet Tengsin, Serdang, Sumur Batu, Utan Panjang, Ciganjur, Kramat Pela, Melawai, Petogongan dan Pulo.

Adapun berikutnya Tegal Parang, Cikoko, Duren Tiga, Kalibata, Pancoran, Pengadegan, Rawajati, Petukangan Utara, Ulujami, Guntur, Karet Kuningan, Karet Semanggi, Menteng Atas, Tebet Timur, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Wijaya Kusuma, Glodok, Keagungan, Angke, Duri Selatan, Duri Utara, Tambora, Tanah Sereal dan Duri Kepa. [Red]

Share:

Monday, February 7, 2022

Tavif Hartawan Jabat Ketua FK LMK Kebon Jeruk Priode tahun 2021-2024, Dekot Jakbar: Jadikan Wadah Intelektual

 


Jakarta, GembiNews.com | Forum Komunikasi Lembaga Musyawarah Kelurahan (FK LMK) se Kecamatan Kebon Jeruk mejaring pemilihan Ketua FK LMK masa bakti tahun 2021-2024. Kegiatan itu bertempat di Aula Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu ( 5/2).

Pemungutan suara dilakukan votting, menghadirkan sebuah nama yaitu saudara Tavif Hartawan terpilih menjadi Ketua FK LMK masa bakti tahun 2021-2024.

Terpampang pada papan tabulasi hasil suara para kandidat terdiri atas, Sopingan memperoleh 5 suara, Tavif Hartawan, 7 suara, Hasbiallah, 5 suara, Nasrulloh, 3 suara, kandidat atas nama Nabil absen karena faktor kesibukan. 

Dilokasi, paparan visi dan misi keempat calon kandidat Ketua FK LMK berlangsung baik dan rasional, semua paparan merujuk pada penguatan silaturahmi dan komunitas dua arah.  

Wakil Camat Kebon Jeruk, Taufik mengatakan FK LMK diharapkan menjadi ujung tombak, barometer penanganan permasalahan yang bersifat solusi. 

"Kami menaruh harapan pada Forum Komunikasi Lembaga Musyawarah Kelurahan, bukan hanya sekedar pembentukan Forum saja, melainkan untuk menampung aspirasi dan menyelesaikan persoalan melalui pendekatan Musyawarah," harap Taufik. 

Taufik, melanjutkan ide cemerlang menjadikan sebagai pilar penyagga. 

"FK LMK harus mampu memperjuangkan masalah masalah yang ada di Kecamatan atau ide pembangunan menarik pada tingkat Walikota hingga Provinsi, forum ini mampu berbuat positif baik untuk neraca pembangunan dan masalah sosial lainnya" ucap Wakil Camat Kebon Jeruk pada GembiNews.com.

Tafiv hartawan merupakan Ketua LMK kebon jeruk dari RW 01"terpilih saya merupakan amanah dari kawan kawan LMK,saya bukan pimpinan kalian tapi penyambung lidah kawan kapan, nomor satu adalah kebersamaan"saat sambutan Pertama kali menjabat sebagai Ketua FKLMK

Ketua FK LMK terpilih, Tavif Hartawan dalam kesempatan sambutan mengatakan, "Saya merupakan amanah dari kawan-kawan LMK, saya bukan pemimpin kalian akan tetapi saya penyambung lidah teman-teman LMK maupun masyarakat," ujarnya. 

Kendati demikian, Tavif Hartawan menjelaskan FK LMK ini adalah kebersamaan. 

Disisi lain, Anggota Dewan Kota Jakarta Barat, H Rasyid Ridho, S.Ag mengatakan terbentuknya FK LMK menjadi wadah komunikasi, serap aspirasi, pencarian solusi. 

"Alhamdulillah, selamat kepada bang Tavif Hartawan atas diberikan amanat. Jadikan FK LMK ruang komunikasi, ruang gagasan mendorong kebijakan pemerintah pada masyarakat perankan sosilisasi, jadikan forum ini intelektual," pesan H Rasyid Ridho, S. Ag. 

Dalam kegiatan itu hadir juga, Ketua FKDM tingkat Kecamatan, Matropik, Ketua Karang Taruna Kecamatan Kebon Jeruk, Eko Setiadi. [Tim]

Share:

Saturday, February 5, 2022

Ringankan Beban Pengungsi, RANGER Serahkan Donasi dan Paket Langsung ke Pengurus RT

Jakarta, GembiNews.com | Peduli sesama Relawan Antar Generasi (Ranger) Jakarta Barat berikan bantuan bagi korban kebakaran, pada Jumat (4/2/2022) kisaran pukul 21.48 Wib. 

Bantuan itu tergalang atas tumbuhnya jiwa kebersamaan, peduli dan sosial ditubuh organisasi Relawan Antar Generasi. 

Donasi uang tunai dan paket bantuan berupa peralatan balita semisal popok balita, diserahkan secara simbolis diterima oleh bendahara Ketua RT 02, Sa'anah atau yang akrab disapa mpok Ute. 

Ketua RANGER Jakarta Barat, Matropik, "Terima kasih atas pengalangan donasi dari RANGER kepada para korban kebakaran di wilayah Kelurahan Duri Kepa, tepatnya di Rt. 2/4 ini," ucapnya. 

"Terima kasih juga, kepada Ketum RANGER, bang H.Iswadi, Sekjen RANGER, bang Fajar yang telah memberikan suport sert dukungan sehingga penyaluran donasi kepada korban kebakaran ini berjalan sesuai rencana, kepada Ketua RT 02, maupun yang mewakili." lanjut Matropik saat penyerahan bantuan secara simbolis. 

Matropik menambahkan, "Kepada saudara kami, sahabat kami khusus nya korban terdampak bencana kebakaran, tetap tabah dan semangat, InshaAllah dibalik musibah pasti ada hikmah kebaikan di dalam nya," harapnya. 

Ketua Rt.02, Asani melalui bendahara nya, Sa'anah mengungkapkan, Terima kasih banyak kepada temen-teman RANGER, khususnya untuk para Ketua atas bantuan dan donasi ini, dan nantinya akan kami salurkan pada para korban terdampak," kata yang akrab disapa mpok Ute. 

Ramai diberitakan, kebakaran hebat menghanguskan sedikit nya 100 rumah semi permanen, sebanyak 336 jiwa mengungsi. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa 1 Februari 2022, pukul 02.55 WIB. 

Diketahui, para pengungsi pada Jumat, 4 Februari 2022, sore tadi telah meninggalkan lokasi pengungsian, selanjutnya mencari rumah kontrak/sewa tidak jauh dari lingkungan sekitar. [APJ]



Share:

Friday, February 4, 2022

Guncangan Gempa M5,5 Dirasakan Warga Wilayah Banten


Banten, GembiNews.com | Gempa bumi dengan magnitude (M)5,5 terjadi pada Jumat sore (4/2), pukul 17.10 WIB. Pusat gempa berada pada 71 Kilometer (km) barat daya Bayah, Provinsi Banten, dengan kedalaman 10 km.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan warganya merasakan guncangan kuat sekitar 3 detik. Guncangan mengakibatkan warga panik hingga keluar rumah. Pihak BPBD masih melakukan pemantauan dampak dan situasi pascagempa.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan data hingga sore ini (4/2) pukul 17.53 WIB, belum ada laporan dampak kerusakan dari masyarakat. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak memicu terjadinya tsunami.

Pantuan BMKG mencatat kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan Pelabuhan Ratu IV MMI, Malingping, Bayah, Cihara, Panggarangan, Ciptagelar, Wanasalam, Sukabumi, Rangkas, Bitung, Cireunghas, Cikeusik, Labuan, Majasari, Cigeulis, Carita, Munjul, Sumur III MMI, dan Sawarna, Pangalengan, Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Parung Panjang II MMI.

Hingga kini Pusdalops BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa maupun tsunami. [Red]

Share:

Thursday, February 3, 2022

Dihari Ketiga Pasca Kebakaran Pengungsi Terlayani dengan Baik

 

Jakarta, GembiNews.com | Paska kebakaran melanda bangun semi permanen di Jalan Kepa Duri Mas blok MM, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Diketahui, kebakaran hebat terjadi Selasa, 01 Februari 2022 kisaran pukul 02.40 WIB. Atas kejadian itu sebanyak 100 rumah ludes terbakar, 113 kepala keluarga (KK) dan 336 jiwa terdiri, balita, 24 orang, lansia, 11 orang, serta anak usia sekolah dasar (SD) 17 orang, SMP, 9 orang, SMK 7 orang, dan TK 3 orang.

Dihari ketiga paska kebakaran beragam bantuan masih terus mengalir. Berdirinya sejumlah posko kesehatan, posko pelayanan Dukcapil, posko Presisi milik Kepolisian, posko baju layak pakai tersedia di lokasi. Selain itu posko relawan partai politik turun membantu melayani para pengungsi.

Pantuan GembiNews. com dilokasi petugas gabungan unsur Tiga Pilar Kelurahan Duri Kepa, LMK, FKDM, Karang Taruna, Dawis, PKK dan Jumantik, PPSU dan relawan kebencanaan stand by.

Ketua RT 02, Asani mengatakan bantuan cukup banyak berdatangan dimulai dari hari pertama.

"Alhamdulillah, bantuan mengalir banyak, baik berupa sembako, perlengkapan mandi, pakaian layak,
Pakai. Pengamanan dari TNI, Polri, maupun unsur pemerintahan Duri Kepa selalu hadir dilokasi," kata Asani.

Asani, melanjutkan pendataan para pengungsi, pembagian logistik, penyaluran makan ke pengungsi terlayani dengan baik.

"Dengan koordinasi Tiga Pilar, Dewan Kota Jakarta Barat,  Tagana, Karang Taruna, FKDM, LMK dan para kader memudahkan dalam penyaluran maupun pelayanan untuk pengungsi. Para pengungsi dalam keadaan sehat," imbuhnya

"Sekali lagi, saya atas nama pengurus lingkungan (RT-red) mengucapkan terimakasih kasih banyak atas bantuan dari semua pihak untuk warga kami," tutupnya. [Tim] 



Share:

Waktu Saat Ini (WIB)

SUBSCRIBE GEMBI NEWS YOUTUBE CHANNEL

KLIK LANGGANAN - SUBSCRIBE

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner